21 Okt 2014

Tempo Scan Pasific (TSPC) - The Sleeping Giant (2)

,
Melanjutkan postingan sebelumnya di Tempo Scan Pasific (TSPC) - The Sleeping Giant (1), penulis sudah membahas rasio kinerja dan keuangan TSPC yang masuk dalam kategori AAA+ atau SSS (Super Sehat Sekali), sayangnya saham TSPC ini tidak likuid dan kurang volatile terhadap perkembangan isu isu terbaru. 
Tapi bagi banyak teman penulis yang seorang Investor sejati, ketidakvolatilan saham TSPC ini memiliki arti yang cukup baik, artinya jika selama Tempo Grup mampu berkinerja seperti yang saat ini, kita tinggal menghitung berapa nilai yang layak untuk membeli sahamnya, tidak peduli isu apa yang berkembang saham TSPC tetap merupakan saham yang cukup aman dikoleksi apalagi setelah efek penurunan nilai sahamnya.

Mari kita lihat valuasinya saat ini:

1. PER TSPC sebesar 13.70x (disetahunkan) di harga saham saat ini sekitar 2520 rupiah, angka ini adalah angka yang cukup murah jika dibandingkan dengan KLBF dan KAEF yang rata-rata sekitar 35-40x. Jika dibalik, TSPC memiliki Rate of Return sebesar 7.30%, sedikit dibawah BI rate yang sebesar 7.5%. 

2. PBV TSPC tercatat sebesar 2.88x, walaupun lebih dari 2x (yang artinya mahal) namun PBV senilai ini masih jauh lebih murah dibanding dua kompetitornya diatas yang sekitar 3.8x dan 8.64x.

3. Earning Predictable (berdasarkan rata-rata pertumbuhan laba) selama 6 tahun, EP TSPC sebesar 17.81%, angka yang sudah melebihi angka yang dipakai Benjamin Graham sendiri yaitu sebesar 15%. Maka kita akan pakai angka 17% sebagai faktor prediksi pertumbuhan perusahaan kedepan.

4. Hasil valuasi seperti di bawah ini:
Klik untuk memperbesar
5. Hasil: Cukup mengejutkan karena TSPC memiliki margin of safety (MOS) yang sangat bagus, lebih dari 40%, artinya saat ini saham TSPC sedang terdiskon hampir 1/2x lipatnya!! Melihat saham TSPC ini seperti melihat sebuah Mercedez S-Class yang sedang promo banting harga 48%!.
Penulis melihat penurunan saham TSPC ini sebagai peluang untuk memulai berfikir masuk ke saham ini.

6. Altman Z-Score, kami gunakan sebagai pertimbangan kemungkinan kebangkrutan (bankcrupt probability) dan melalui rumus yang ada di dapat Altman Z-Score, TSPC memiliki angka 4.62 atau diatas 2. Artinya TSPC merupakan perusahaan sangat sangat aman terhadap kemungkinan kebangkrutan sehingga MOAT atau propek jangka panjang TSPC mendapat nilai tertinggi.

Rumus Altman Z-Score ialah:
Z = 1.2T1 + 1.4T2 + 3.3T3 + 0.6T4 + 0.99T5
Dimana:
  • T1 = Modal Kerja / Total Aset
  • T2 = Laba Ditahan / Total Aset
  • T3 = Laba Sebelum Bunga dan Pajak (EBIT) / Total Aset
  • T4 = Nilai Pasar Ekuitas / Total Nilai Buku Libilitas
  • T5 = Penjualan / Total Aset

6. Hasil Keseluruhan.
Hasil keseluruhan berdasarkan valuasi saham dan rasio keuangan menghasilkan TSPC adalah perusahaan yang sangat solid, manajemen keuangan yang baik, memiliki prospek jangka panjang yang aman (MOAT) dan mempunyai peluang di saat ini untuk mendapatkan target safety value yang sangat baik.

Overall result TSPC

Salam Investasi

Note: (Di sektor consumer goods, jika TSPC adalah Mercedez, maka UNVR adalah Bentley)








2 komentar:

  1. Wah menarik sekali pak analisanya. Benar-benar komprehensif sekali. Jadi tertarik untuk invest di TSPC. Untuk harga sekarang apa masih OK pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pak Franky tipe value investor untuk sekarang kalau gak salah harga di kisaran 2700 ya. Agak terlalu tinggi, sabar sedikit mulai koleksi di harga 2500 ke bawah is safe. Tapi kalau pak franky tipe growth investor alias mementingkan pertumbuhan dan kondisi keuangan, di harga berapapun TSPC layak di koleksi :) Salam

      Hapus