15 Sep 2014

Saham Tenbagger - Part 1

,

Mencari saham Tenbagger

Membaca judul di atas seperti membaca judul film action dimana agen atau tentara bayaran yang memiliki tugas dalam sebuah misi mencari The Tenbagger.

Apa itu saham Tenbagger? Tenbagger adalah istilah di dalam dunia investasi saham untuk menggambarkan saham yang harganya memiliki potensi untuk naik hingga 10 kali lipat dari nilai awalnya.
Tenbagger di perkenalkan pertama kali oleh Peter Lynch, seorang fund manager yang mengelola Fidelity Magellan Fund yang sangat terkenal dan menjadi legenda setelah dana yang ia kelola bertumbuh 29,2% rata-rata tahunan dan secara total telah berkembang sebesar 2703,01% selama 12 tahun. Artinya, jika anda meinvestkan uang anda $1000 pada tahun 1977 maka akan menjadi $28.000 pada tahun 1990. Hal yang menarik ialah saham yanng ia  beli kebanyakan merupakan saham yang termasuk biasa saja pada awalnya namun pada akhirnya bertumbuh sepuluh kali lipat lebih, tentu saja pertumbuhan itu membutuhkan ekstra kesabaran dan timing yang tepat.

Bagaimanakah ciri - ciri saham yang termasuk Tenbagger itu? Penulis dengan rasa penasarannya coba menggabungkan antara definisi Peter Lynch di dalam bukunya dengan konsep 'Nilai Lebih'

Cara terbaik, menurut Peter Lynch adalah dengan mengamati sekitar kita seperti shampoo lalu sabun dan kemudian apa gadget yang kita pakai, Bank apa tempat kita menyimpan uang, merek mobil, motor, spare part dan tempat kita beli accu hingga pembiayaan dari aset kita selama ini. Penulis menyambungkannya dengan konsep 'Nilai Lebih'. Mengapa demikian, karena dari hal-hal kecil tersebut kita bisa mengamati apakah sesuatu yang kita konsumsi itu memuaskan atau tidak. Jika kita puas akan kegunaan dan kemudahaan, artinya perusahaan itu merupakan perusahaan yang memiliki 'Nilai Lebih'.

Kedua, setelah yakin bahwa perusahaan ini memiliki 'Nilai Lebih' maka selanjutnya memeriksa laporan keuangannya, searching beritanya dan lihat ratio-ratio pendukungnya.

Pertama yang anda lakukan adalah mencari nilai laba bersih per saham (EPS) yang pasti ada di setiap laporan keuangan. Setelah itu bagilah harga saham saat itu dengan EPS yang anda temukan tadi maka anda telah menemukan PER (Price Earning Ratio). Coba lihat apakah harga saham nya 20x EPS nya ataukah baru 5x nya, bandingkan dengan perusahaan sektor sejenis. Jika perusahaan pilihan anda harga saham nya masih 5-10x EPS nya, maka lanjutkan.

Kedua, download laporan tahunan perusahaan yang anda pilih tadi atau cek di broker tempat anda berinvestasi. Lihat apakah semenjak 5 tahun terakhir perusahaan tersebut selalmu mencetak laba ataukah pernah rugi? Mayoritas sesuai dengan investigasi penulis, saham-saham tenbagger di Indonesia umumnya tidak pernah rugi dalam 5 tahun terakhir. Jika perusahaan yang anda pilih selalu mencetak laba walaupun itu sedikit, lanjutkan.

Ketiga, dari laporan tahunan tadi anda bisa melihat sejarah EPS selama 3-5 tahun kebelakang. Hitung pertumbuhannya setiap periode lalu rata-ratakan. Jika mendapati bahwa pertumbuhan EPS rata-rata 3-5 tahun tersebut lebih dari 15-20% maka lanjutkan.

Keempat, lihatlah pertumbuhan dan prospek pada sektor nya. Baca setiap detail yang ada pada berita-berita korporasi dan juga sektor usahanya, apakah menjanjikan untuk anda segera masuk ataukah anda harus bersabar menunggu.

Jika point 1 - 4 terpenuhi. Tidak ada alasan bagi anda untuk menunda. Ada beberapa contoh saham tenbagger di Indonesia, salah satunya adalah ADMF (Adira Dinamika Finance).

ADMF pada tahun 4 November 2008 memiliki nilai saham senilai 1500 rupiah per lembar, angka tersebut sejak 2004 hanya bergerak berkisar 1200-2700. Namun melihat laporan tahunan 2008, disitulah ADMF mulai menarik minat investor untuk menyadari bahwa Adira merupakan perusahaan pembiayaan terbaik yang sedang berkembang cepat. Dengan ROE sebesar 52% (fantastis), PER 1.42x dan PBV sebesar 0.74x dengan hutang yang cukup rasional. Di tambah di tahun itu Adira gencar menggelar promosi kredit mobil, motor dan juga gadget (penulis pun pernah mencicil kamera di Adira pada tahun 2008) dan ternyata ditunjang dengan website yang cukup komunikatif.

Hasilnya Juni 2011, sahamnya menyentuh angka 15,000 rupiah per lembar. 10x lipat yang terbukti dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun.

Kunci nya ialah,  Kepedulian terhadap konsumerisme sekitar, teliti, berpikir unik dan kesabaran tingkat tinggi. Lalu apa saja calon tenbagger menurut Srimaya Investment saat ini? Kita ikuti lebih lanjut di Saham Tenbagger - Part 2.

Salam Invest!

Penulis




0 komentar to “Saham Tenbagger - Part 1”

Posting Komentar