25 Des 2014

Astra Graphia (ASGR) - 10 Saham Murah Indonesia dan Layak Beli Sekarang! (bagian 3)

,

4. ASTRA GRAPHIA (ASGR)

Astra Graphia sebagai salah satu anak perusahaan Astra International yang bergerak dalam bidang Information and Communication Technology. Sejak awal didirikan sebagai perusahaan yag fokus dalam bidang document solution seperti penyedia mesin printer, faksimili, dan juga penggarapan dokumen-dokumen integrasi lingkup korporat.

Namun bisnis dalam bidang seperti ini sangat rawan terhadap perkembangan teknologi, dan Astra Graphia menjawabnya dengan mulai berfokus kepada IT solution, termasuk penggarapan teknologi peer to peer untuk program pembayaran secara live dengan meluncurkan BBM money 10 dan terpilih sebagai emiten terbaik 2014 sektor elektronika. (baca disini)

Banyak alasan mengapa Astra Graphia kami taruh di nomor 4 ( masuk 5 besar), selain memang saham Astra Graphia yang sedang terkoreksi menuju titik undervalue, kinerjanya sama sekali tidak ada gangguan dan tetap menunjukkan kosistensi yang mapan.


Dari data 6 tahun terakhir, ROE selalu menunjukkan kestabilan terhadap ekuitas dan juga terhadap modal dan hutang (ROTC). Revenue dan Net Income menunjukkan grafik yang mantab antara stabil dan tetap naik. Bukan itu saja, DER selalu tercatat dibawah 0.5x, bahkan di 2014 ini, angka DER nyaris nol.

'Contrarian Opportunity' menjadi terbuka bagi investor ketika saham ASGR terus turun sejak pertengahan 2014. Apa sebab? coba anda buka link berikut dan temukan jawabannya: KLIK DISINI
Analisa yang mendekati, turunnya harga saham ASGR lebih banyak dipengaruhi oleh berita negatif karena sang direktur sedang dipanggil KPK dalam kasus e-ktp. Untungnya dalam putusan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha), ASGR 'hanya' diwajibkan membayar denda sebanyak 4 milyar rupiah. 

Akibat turunnya harga saham ASGR, PER ASGR saat ini hanya sebesar 11.02x. Dengan asumsi pertumbuhan laba yang terus meningkat dengan rata-rata pertumbuhan 26.32% (selama 6 tahun), nilai PER ini sangat jauh di bawah perusahaan dengan bidang yang sama (perdagangan) semacam AKRA, BMTR atau bahkan saudaranya sendiri, AUTO. Plus dengan dividen ratio yang mencapai 14.50% dari EPSnya,  saat ini ASGR memiliki nilai wajar sekitar 3,157 rupiah/saham atau memiliki margin of safety 66.16% dari harga saat ini.


Didukung oleh manajemen Astra, ASGR tercatat selalu memiliki net cash flow yang positif, dan  juga current ratio yang selalu di atas 1.5. Artinya ASGR memiliki aset lancar selalu lebih besar 1.5x nya dari kewajiban lancarnya, bahkan cenderung diatas 2x jika melihat historinya. So, melihat wonderfull company seperti ini rasa-rasanya sangat disayangkan jika tidak melirik saham ini.

(bersambung ke peringkat 5: Lippo Cikarang)

0 komentar to “Astra Graphia (ASGR) - 10 Saham Murah Indonesia dan Layak Beli Sekarang! (bagian 3) ”

Posting Komentar