18 Sep 2014

Saham Tenbagger - Part 2

,
Setelah kita membahas ciri - ciri saham yang bisa di kategorikan Tenbagger menurut Peter Lynch di postingan saya sebelumnya (baca: Saham Tenbagger - Part 1). Maka sekarang kita coba untuk membuat simulasi menemukan calon saham Tenbagger berikutnya di Indonesia.

Ini bukanlah suatu statement anjuran untuk membeli namun untuk coba menganalisa dari beberapa point yang di sebutkan Peter Lynch. Seperti pada pesan - pesan yang umum, disclaimer mode always on.

1. Saham Tenbagger haruslah saham yang murah

Saham harus murah bukanlah saham yang berharga lebih dari 1000 rupiah misalnya, atau di bawah 500 rupiah misalnya. Definisi saham murah ialah saham yang di perdagangkan di bawah nilai intrinsiknya. Ciri-ciri simplenya ada dua yaitu melihat PER dan PBV. Mayoritas Investor memakai angka PER dibawah 10x dan PBV di bawah 1.5x untuk pencarian saham undervalued seperti ini. So, kita pakai saja asumsi mayoritas investor.

2. Return of Equity

ROE atau Return of Equity seperti sudah dibahas di postingan sebelumnya merupakan tolak ukur pertumbuhan perusahaan meskipun bukan satu-satunya. Penulis paling suka melihat perusahaan yang memiliki pertumbuhan laba rata-rata 5 tahun di atas 20%, namun karena tidak semua perusahaan memiliki kemampuan yang konsisten untuk bertahan dengan pertumbuhan  di atas 20%, maka penulis memperlebar dengan angka lebih besar dari 10%.

ROE tidak boleh ada yang negatif dalam 5 tahun terakhir, jika pun ada yang negatif maka harus diikuti oleh kenaikan yang konsisten di tahun tahun berikutnya.

3. Revenue

Omzet pendapatan atau revenue memegang peranan penting disini, karena revenue adalah hal ter-simple yang menggambarkan apakah perusahaan masih laku atau tidak. Walaupun penulis tidak memasukkan nya sebagai mandatory. Yang terpenting kita lihat dari revenue adalah trend nilai revenue tidak turun dalam 5 tahun terakhir, kecenderungan revenue haruslah naik dalam 5 tahun tersebut. 

Hasil

Dari tiga point tersebut, bisa penulis rangkum 10 Saham Emiten Terpotensial menjadi Ten Bagger dan akan menjadi valuasi berikutnya terhadap Srimaya Investment. Berikut 10 Saham Emiten Terpotensial tersebut diurutkan dari ROE terbesar:












*Angka disetahunkan. Disclaimer mode on

Salam Invest!

Penulis

5 komentar:

  1. Srilnya sudah terbukti pak :)

    BalasHapus
  2. Analisa Fundamental yang menarik.Terus berkarya pak

    BalasHapus
  3. pak,
    untuk HEXA sekarang :
    1. Annualized PER 1.21x, Anlz PBV 0.38
    2. ROE 31.52%
    3. Revenue 3M 2015 (5137.7M) turun dibanding 3M 2014 (5454.9M)
    Bagaimana prospek HEXA menurut bapak? apakah masih layak diesbut tenbagger?
    Terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus