14 Agt 2014

Perusahaan Bernilai Lebih

,

Apa itu perusahaan yang bernilai lebih? Mungkin anda langsung menjawab bahwa itu adalah perusahaan yang sangat mapan seperti Unilever ataupun Astra atau perusahaan yang terjamin keamanannya seperti BUMN atau perusahaan-perusahaan sejenis. Anda sama sekali tidak salah. Tapi bagi penulis perusahaan yang 'bernilai lebih' memiliki sebuah makna tambahan, yaitu passion.

Passion atau kegairahan mencerminkan hampir keseluruhan bagaimana perusahaan tersebut melakoni konsep bisnisnya, rasa kesungguhan dan kemauan dari perusahaan tersebut sangat bisa dirasakan oleh stakeholder yang saling terkait secara langsung yang dinamakan konsumen., bukankah itu cara sebenarnya perusahaan meningkatkan kredibilitas? Dan satu konsep sederhana ini yang coba diangkat oleh penulis sesuai dengan pengalaman penulis, teman-teman dan partnership lainnya.

Jangan heran jika hampir semua perusahaan yang dibahas adalah perusahaan retail atau penjualan langsung karena memang itulah yang  kemudian akan menjadi salah satu konsep dasar di dalam pemilihan investasi kami yaitu "bisnisnya mudah dipahami".

Apa saja perusahaan tersebut? mari kita lihat.

PT Astra Otoparts (AUTO) - Shop and Drive

Bagi beberapa rekan penulis, begitu penulis tanya kalau beli Accu dimana? Shop & Drive lah. Kenapa? Barangnya pasti asli, ada garansinya dan jelas Astra (siapa yang meragukan Astra??) dan aftersales-nya bagus. Well see..

Penulis kebetulan pelanggan Shop & Drive yang termasuk baru, dulu jika mencari Accu selalu cari di bengkel retail apalagi jika ganti oli atau yang lain. Pas Januari kemarin coba-coba ke Shop & Drive untuk ganti Accu dan yang pertama terkejut adalah sapaan teknisinya yang cukup ramah dan kerjanya sangat cekatan. Tak berapa lama mobil pun beres dan ternyata ada gratis cek dan service dalam periode yang ditentukan, hal yang tidak ada di bengkel-bengkel lainnya.

Ada hal yang menarik dari aftersalesnya, jika Accu ternyata rusak sebelum waktunya maka akan di ganti gratis! dan penulis berpengalaman dengan mobil istri yang tiba-tiba mogok karena air Accu lupa diisi dan tentunya lupa cek, tapi ternyata pihak Shop & Drive tetap mengganti Accu tersebut secara gratis lengkap dengan teknisi yang datang ke rumah. Hal tersebut berlaku untuk cek dan service selanjutnya yang akhirnya saya rutin lakukan.


Sungguh pelayanan yang paripurna, dan cukup memuaskan. Beberapa hal yang saya pikirkan adalah, pertama Astra Otoparts sebagai anak perusahaan Astra International pastilah men-training karyawan nya dengan sangat baik bukan hanya secara teknis tapi juga secara personal behaviour. Dan itu terefleksikan dari apa yang penulis rasakan.


Kedua, Astra Otoparts menyediakan tingkat sales & service komponen yang sangat mumpuni, bukan hanya lengkap tapi juga dengan harga yang wajar (Accu di Shop & Drive harganya hanya beda 5 ribu rupiah dengan bengkel retail. Oli mesin, filter oli dan komponen lainnya  bahkan lebih murah, plus ongkos kerja yang jauh lebih murah).

Ketiga, konsep franchise yang dibawa oleh anak perusahaan Astra tersebut terbukti mampu menjangkau masyarakat dengan lebih cepat. Ketiga hal inilah yang menjadi dasar penulis untuk menjadikan AUTO dengan produk Shop & Drive-nya menjadi salah satu target investasi jangka panjang berikutnya. Valuasi perusahaan akan di bahas kemudian.
Siapa yang tidak tahu toko Ace Hardware, begitu banyak saat ini di mall-mall terkemuka yang pastinya anda kunjungi setiap akhir pekan, meskipun hanya sekedar jalan-jalan. Mengapa demikian? ya tidak salah lagi, barang-barangnya menarik untuk dilihat dan juga lengkap. Hal tersebut ditunjang dengan pelayanan yang ramah dari karyawannya, help-full dan professional.
Lebih dalam lagi, kami mencoba kegiatan iseng akhir pekan untuk mengecek detail barang yang dijual. Pertama, tak satupun barang yang tanpa garansi. Kedua, barang-barang tersebut easy to use (hal terpenting dari jualan hardware) dan Ketiga adalah lengkap (penulis mendapatkan alat pemasang lampu tinggi hanya di disini). Keempat, lagi-lagi harga yang wajar. Kelima, Ace Hardware terbukti selalu men-training karyawannya setiap periode untuk meningkatkan performa dan personality (dari wawancara dengan salah satu karyawan).

So, tidak berlebihan apabila penulis meletakkan ACES  sebagai perusahaan yang memiliki nilai lebih, atas dasar performa barang penjualan maupun pelayanan yang mumpuni. Meskipun Aces Hardware merupakan pemegang lisensi tunggal dari Aces Hardware USA yang berarti SOP mengikuti induk, namun melihat apa yang ditulis diatas, maka rasanya tak salah untuk menyebut perusahaan ini sebagai target investasi selanjutnya. Menarik bukan?

Ini adalah satu-satunya perusahaan keuangan yang akan kami bahas disini berdasarkan saran seorang rekan partnership yang berpengalaman dengan salah satu bank terbesar di Indonesia ini. Lantas kalau bank, kenapa tidak BCA?? atau Mandiri yang jaringannya nya menyebar di setiap penjuru tanah air?? Betul, sangat betul untuk menyebut BCA dan Mandiri kedua duanya adalah perbankan terbesar yang melayani masyarakat dengan beragam kemudahan. Tapi BRI, selain termasuk tiga besar bank di Indonesia, bank tersebut memiliki satu kelebihan. Yaitu melayani masyarakat di daerah dan pedalaman Indonesia dengan cukup baik.

Penulis tidak akan membahas angka-angka untuk BRI (Bank identik dengan angka) namun lebih mengkhususkan untuk membahas lingkup dan nilainya dimata konsumen.

BRI pada awalnya dan hingga saat ini mengkhususkan diri sebagai bank dengan lingkup masyarakat daerah, lebih menjangkau para pengusaha UKM dalam negeri dengan kredit usaha. Hal ini dirasakan langsung oleh rekan partnership kami ketika beliau tinggal di daerah Jember, Jawa Timur.

Singkat kata, rekan kami tersebut memulai usaha dibidang penjualan beras dan bibit tanaman budidaya, saat itu di tahun 2000an cukup sulit untuk mendapatkan kredit usaha dari bank manapun dimana pihak bank selalu meminta ditunjukan hasil usaha nya terlebih dahulu dan bla..bla..bla yang artinya penulis tidak paham seutuhnya. Intinya rekan kami ingin meminjam uang untuk memulai usaha. That's enough

Akhirnya setelah enam bulan mencoba mengajukan proposal ke bank daerah dan swasta akhirnya justru dia bertemu seorang kredit analis dari BRI, hal yang sebaliknya dilakukan BRI adalah justru menantang rekan kami tersebut membuat proposal sebagus mungkin untuk di presentasikan. Dan waktu yang di sediakan adalah satu minggu! Dengan semangat membara, akhirnya beliau sukses mendapatkan kucuran kredit usaha rakyat (KUR) dari BRI, dan ternyata bukan itu saja, BRI .juga mengundang rekan saya tersebut untuk mengikuti berbagai pelatihan tentang Supply Chain Management dan Pengembangan Budidaya Pepaya California.

Memang tidak semua peminat modal beruntung seperti rekan saya, karena kebanyakan bank memang menganut prinsip kehati-hatian. Hal ini wajar untuk meminimasi kredit macet yang sangat merugikan pihak bank, mayoritas memang sang peminjam harus bisa membuktikan bisnis yang dijalani selama minimal enam bulan.

Melihat beberapa hal dari BRI ini: Kapitalisasi pasar, Pertumbuhan Kredit, Sistem Manajemen yang dianut (BRI sangat concern terhadap Good Corporate Goverment - baca link ini) dan tentunya kesungguhan dalam melayani pengusaha daerah, maka sangat pantas apabila kami segera menginvestasikan hampir 20% dari portfolio ke perusahaan ini.

Salam Invest

Penulis




0 komentar to “Perusahaan Bernilai Lebih”

Posting Komentar