23 Sep 2014

PT Mitra Pinasthika Mustika,.Tbk (MPMX)

,
MPMX atau PT Mitra Pinasthika Mustika merupakan perusahaan yang berfokus pada pembiyaan kendaraan bermotor diantaranya sepeda motor, mobil, alat berat, spare part dan juga penyewaan kendaraan roda empat. Di bentuk pada tahun 1987 oleh William Suryadjaya sebagai dealer sepeda motor dan berlanjut pada tahun 1988 mulai memproduksi oli pelumas untuk sepeda motor dengan merek Federal.

Fokus Bisnis

Saat ini MPMX sudah memiliki 288 retail outlet sebagai distributor sepeda motor merek Honda di bawah anak perusahaan Mitra Pinasthika Mulia, 40 outlet penjualan sepeda motor dan juga after-sales service nya di bawah bendera MPM Motor, Penjualan kendaraan roda empat dan after-sales service nya di bawah bendera MPM Auto, manufaktur dan distributor oli pelumas di bawah bendera PT Federal Karyatama dan juga pembiayaan dan juga asuransi dari MPM Finance dan MPM Insurance. Dari fokus bisnis yang bisa kita lihat, MPMX memiliki jaringan yang lengkap dari hulu hingga hilir hingga sangat memadai untuk menjadi perusahaan pembiayaan yang mumpuni.

Screening Saham

Saham MPMX listing di bursa saham pada 2013, sehingga masih cukup panas jika kita screening pada saat ini. Kita lihat pertumbuhan perusahaan dari revenue, equity dan juga laba bersih nya.


Laba bersih selalu bertumbuh dalam 5 tahun terakhir dengan rata-rata pertumbuhan 24.04%, revenue atau pendapatan selalu meningkat setiap tahun nya, ini di dukung oleh keberhasilan perusahaan menggenjot kinerja anak perusahaan di tengah melambatnya perekomonian Indonesia. Walaupun sisi pembiayaan sepeda motor Honda masih menjadi nomor satu sumber pendapatan perusahaan.

Valuasi Saham

Data penulis dapat dari Indopremier dan diolah sehingga mendapat hasil sebagai berikut:
Pengolahan data bisa dilihat di sini


Dengan proyeksi pertumbuhan yang cukup baik sebesar 24.04%, MPMX memiliki ratio hutang jangka pendek maupun jangka panjang yang sangat baik, apalagi kita bandingkan dengan perusahaan sejenis yang mayoritas modal nya di dapat dari hutang sehingga baik DER maupun ROTC nya begitu kecil, sedangkan MPMX dengan revenue yang besar mampu membiayai mayoritas aktifitas operasinya dengan hutang yang terbilang kecil.

Meskipun perusahaan tahun ini tidak membagi dividen dengan alasan ekspansi bisnis, harga wajar saham MPMX sangat berprospek, mari kita lihat:


Dengan nilai rata-rata ROE yang cukup baik sebesar 21.12%, MPMX memiliki ratio laba per saham dengan harga saham / PER yang sangat bagus, yaitu sebesar 8,24x atau dengan kata lain Initial Return perusahaan sebesar 12.13% di banding BI rate yang sebesar 7.5%.


Hasil dari stage 2 valuasi saham, didapat hasil bahwa saham MPMX lolos semua screening dan valuasi saham dengan Margin of Safety sebesar 75.36%. Hasil yang sangat mengesankan.

Bisnis kedepan

Penulis rasa, dengan konsep nya sekarang dan hasil yang di janjikan di tahun-tahun sebelumnya, saham MPMX adalah saham yang layak dikoleksi dalam waktu dekat. Apalagi jika kita lihat prospek pertumbuhan sepeda motor di Indonesia.



Bisa kita lihat di atas produksi sepeda motor terus meningkat dan mulai berfokus ke luar ibukota dengan merek Honda menjadi pemimpin pangsa pasar hingga akhir 2013 sebesar 60.46%. Dimana merek Honda menjadi merek unggulan dari MPMX. 

So, penulis mempertimbangkan saham MPMX sebagai bagian dari Srimaya Investment  dalam waktu dekat dengan jumlah yang tidak terlalu banyak dan akan mencicil setiap periode sebagai bentuk pengamanan.

Salam Invest!

Penulis 


0 komentar to “PT Mitra Pinasthika Mustika,.Tbk (MPMX)”

Posting Komentar