9 Feb 2015

Buffet-Munger Screener

,
Buffet-Munger screener adalah metode yang dipakai oleh Warren Buffet dan Charlie Munger dalam memilih saham (stock picking) dalam sebaris kalimat: Menemukan perusahaan berkualitas tinggi dengan harga murah atau wajar.

Kriteria umum adalah sebagai berikut:

  1. Perusahaan memiliki tingkat prediksi bisnis yang tinggi (high predictibility rank), artinya bisnis perusahaan merupakan bisnis yang bisa diprediksi kemajuannya dalam jangka panjang, memiliki pendapatan dan laba yang senantiasa tumbuh konsisten.
  2. Perusahaan memiliki keunggulan kompetitif (compretitive advantage), atau yang biasa disebut MOAT. Ini berguna seandainya perusahaan melakukan ekspansi usaha, itu tidak akan menggerus laba yang sudah berjalan.
  3. Perusahaan menggunakan sedikit hutang dalam pengembangan usahanya. Namun ini bisa sedikit longgar selama debt to equity masih dibawah satu, atau diimbagi dengan kenaikan laba atau ekuitas yang meyakinkan. Jika hutang bertambah namun anda tidak yakin bahwa bisnis usaha juga langsung meningkat, maka lebih baik tunda.
  4. Perusahaan berada dalam rentang harga yang murah (undervalue) ataupun wajar. Namun, seperti anda tahu, saya menggunakan margin of safety sebagai hasil akhir dan bukan P/E atau Pbv. Atau ada sebuah cara powerfull dari Charlie Munger ialah dengan menggunakan PEG, membagi P/E dengan rata-rata pertumbuhan Ebitda selama lima tahun terakhir. 
Kita akan membahas cara melihat high predictibility rank dalam waktu lain.

Salam Investasi


0 komentar to “Buffet-Munger Screener”

Posting Komentar